Sabtu, 05 Mei 2012

Indikator Kinerja Kunci Penting dalam SEO

Indikator Kinerja Kunci (IKK) atau yang di dunia SEO dikenal juga dengan KPI (Key Performance Indicators) merupakan satu-satunya alat ukur yang harus digunakan oleh para profesional internet. Jadi, apakah Indikator Kinerja Kunci yang digunakan untuk mengukur seberapa baik sebuah taktik dan teknik yang dipraktekkan oleh praktisi dan konsultan SEO benar-benar bekerja?
Sebelum Anda memulai menggali analisa terlalu dalam dan bekerja untuk mengerti Indikator Kinerja Kunci yang penting dalam SEO, kenali terlebih dahulu bahwa penggunaan terbaik mereka adalah untuk mempelajari apa saja yang bekerja dan di bagian mana sebuah website atau domain dapat dikembangkan. Penggunaan Indikator Kinerja Kunci seharusnya dapat menyajikan data empiris sehingga mengetahui apakah suatu website bergerak ke arah yang diinginkan. Tujuannya adalah untuk menyebarkan informasi penting melalui bisnis atau organisasi untuk memfasilitasi komunikasi serta menyediakan sebuah dasar untuk analisis dan pengambilan keputusan di seluruh tingkat organisasi.
Apakah Anda harus menjadi master analisis untuk mengerti Indikator Kinerja Kunci SEO ini? Tidak juga. Meskipun membantu untuk mengetahui jalan Anda mengenai solusi dan analisis yang dilakukan untuk perusahaan Anda, namun banyak juga yang mampu dengan mudah diminta laporan yang berhubungan dengan topik ini. Pada banyak kasus, vendor-vendor analisis memastikan bahwa produk mereka menempatkan informasi ini di depan klien mereka. Perlu diketahui bahwa Indikator Kinerja Kunci berbeda-beda dan disesuaikan dengan berbagai tipe organisasi. Semua website berbeda, maka penggunaan Indikator Kinerja Kunci untuk mengukur kesuksesan kampanye SEO akan bervariasi sesuai websitenya.

Halaman dan Lalu lintas Total

Hal ini mungkin yang paling mudah dalam penggunaan Indikator Kinerja Kunci untuk SEO, jumlah halaman keseluruhan dalam pencarian pada indeks search engine dan jumlah total lalu lintas alami serta pergerakannya, juga merupakan yang paling jelas dan mudah untuk dimengerti. Mengetahui jumlah halaman yang diranking dan ditemukan oleh pengguna search engine memberikan wawasan tidak hanya pada website secara keseluruhan, namun juga mengungkapkan perubahan yang terjadi di ceruk pasar yang lebih luas.

Halaman atau Kategori dengan Lalu-lintas Terbanyak

Mengetahui halaman dan kategori mana yang telah banyak mendatangkan pengunjung dari search engine  memberikan wawasan pada pemilik website dan SEO sehingga dapat memutuskan hal apa yang dapat dioptimasi dan tipe konten mana yang dapat diperluas.

Rata-rata Jumlah dan Tipe Keywords Tiap Halaman

Temukan bagaimana pengembangan ‘long tail keywords’ dengan menentukan jumlah rata-rata keywords per halaman. Hal ini juga penting untuk menggali lebih dalam dan mengerti popularitas sebuah topik serta kebutuhan informasi pada pengguna yang tertarik.

Panjang Kata Kunci

Mengetahui panjang kata kunci merupakan sebuah indikator penting dari performansi kampanye SEO longtail. Mengetahui jumlah kata rata-rata juga akan membantu pengambil keputusan untuk memahami karakteristik lalu lintas. Bila frase yang kompleks membuat kunjungan semakin banyak, maka aman bagi Anda untuk mengasumsikan bahwa performansi long-tail tersebut tinggi.

Tingkat Bouncing per Search Engine atau Keywords

Search engine cenderung memiliki berbagai profil pengguna yang berbeda berdasarkan demografinya. Hal ini dapat menjadi pertimbangan saat menganalisis tingkat bouncing per keywords, untuk membantu memahami bagaimana konten sebuah website dapat dirasakan oleh orang-orang yang berbeda segmen. Sementara tingkat bouncing pada sisi keywords menggambarkan banyak mengenai kualitas tahap analisis kata kunci secara spesifik.

Durasi Kunjungan

Durasi kunjungan atau lama kunjungan rata-rata setiap pengguna merupakan indikasi yang sangat akurat untuk mengetahui lalu lintas alami sebuah website. Bila Anda dapat mengidentifikasi halaman dan tipe konten atau kategori yang memiliki durasi kunjungan terendah dan ingin meningkatkannya, banyak kesimpulan kuat yang dapat diambil dari proses SEO.

Pengunjung Baru dan Loyalitas Pengguna

Hal ini merupakan Indikator Kinerja Kunci penting lainnya bagi SEO karena dapat menyajikan karakteristik lalu lintas alami. Persentase rata-rata dari pengunjung baru sangat penting untuk website yang berbasis komunitas dan menunjukkan bahwa SEO sejalan dengan bisnis lain dan tujuan pemasaran. Pertimbangkan untuk menganalisis keywords berdasarkan tipe pengunjung sehingga loyalitas pengguna pun dapat diteliti pada tngkat kata kunci granular.

0 komentar:

Posting Komentar